Meristem : Jaringan yang Terus Tumbuh

Jaringan meristem adalah jaringan yang memiliki sel sel yang sangat aktif dalam melakukan pembelahan. Jaringan meristem biasanya terdapat pada begian pada tumbuhan yang aktif tumbuh meliputi SAM (Shoot Apical Meristem) yang akan menghasilkan daun maupun bunga, dan juga RAM (Root Apical Meristem), pada bagian ini biasa disebut dengan jaringan meristem primer.

Pertumbuhan, tanaman


Jaringan meristem juga dapat ditemukan pada bagian lingkaran batang, yang berfungsi untuk menambah ukuran batang tanaman, pada bagian ini bisa disebut juga dengan Jaringan Meristem Sekunder.

Kata meristem sendiri pertama kali digunakan oleh Karl Wilhelm von Nägeli (1817–1891), pada bukunya yang berjudul Beiträge zur Wissenschaftlichen Botanik, kata meristem berasal dari bahasa Yunani yaitu merizein (μερίζειν) yang berarti membagi atau membelah.

Seperti yang telah dikeahui, pada dasarnya sel yang melakukan pembelahan tidak akan bisa menghasilkan sel yang berbeda jenis, oleh karena itu pada setian organ akan memiliki sel yang berbeda pula, dan setiap organ memiliki kecepatan tumbuh yang berbeda pula.

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Meristem
© Copyright FBrain 2013-2014