Faktor Penghambat Pertumbuhan Tanaman

faktor, penghambat, pertumbuhan, tanaman

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terhambatnya pertumbuhan pada suatu tanaman. Dalam pertumbuhan terdapat dua faktor utama yang dapat mempengaruhi pertumbuhan suatu tanaman, yaitu Internal dan Eksternal.

Yang dimaksud dati faktor internal ialah faktor dari keadaan tumbuhan itu sendiri, yaitu gen dan hormon pada tumbuhan.

Gen


Gen merupakan substansi hereditas(sifat yang diturunkan dari induknya), yang menentukan sifat dari suatu tanaman, informasi dari sifat-sifat tanaman tersebut tersimapn dalam kromosom.

Hormon Tumbuhan


Hormon tumbuhan atau fitohormon merupakan suatu zat yang dihasilkan suatu tanaman yang dapat mengatur proses pertumbuhan fisik dari suatu tanaman. Fitohormon ini dapat diambil dari sebuah tanaman untuk diguanakan di tanaman yang lain.

Selain faktor-faktor internal tadi, terdapat juga faktor-faktor eksternal yang dapat menghambat pertumbuhan dari suatu tanaman, yaitu.

Cahaya


Cahaya adalah energi yang digunakan tanaman untuk melakukan fotosintesis, tanpa danya cahaya, suatu tanaman tidak akan tumbuh dengan baik, bahkan mati.

Suhu


Suhu juga merupakan salah satu faktor yang dapat menghambat pertumbuhan suatu tanaman, rata-rata tanaman dapat hidup pada suhu 10ooC. Namun adajuga tanaman yang hidup dalam suhu ekstrim seperti tanaman kaktus.

Air dan Mineral


Air dan mineral adalah salah satu bahan makanan yang diperlukan oleh tanaman, tanpa air dan mineral, tumbuhan tidak akan tumbuh dengan baik, apa lagi bila tanaman tersebut merupakan tanaman yang hidup di dataran tinggi, namun adajuga tanaman yang saat ada air, ia akan menyerap sebanyak-banyaknya, agar bila air sedang tidak ada, tumbuhan tersebut tetap dapat bertahan hidup.

Nutrisi


Tanaman juga membutuhkan nutrisi, tanpa nutrisi pertumbuhan suatu tanaman tidak akan optimal. Nutrisi juga membantu tanaman terlindung dari penyakit.
© Copyright FBrain 2013-2014