Interferensi Gelombang

Interferensi gelombang adalah peristiwa perpaduan dua gelombang, peristiwa ini disebut juga dengan superpososi. Peristiwa ini sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah musik, musik terbentuk dari perpaduan beberapa gelombang suara yang saling ber-interferensi.
Interferensi Musik
ada dua jenis interferensi gelombang, yaitu interferensi antar gelombang bersifat menguatkan(Interferensi Maksimum), dan interferensi antar gelombang yang bersifat melemahkan(Interferensi Minimum).

Interferensi Maksimum

Interferensi maksimum adalah interferensi antar gelombang yang saling menguatkan satu dengan yang lain, karena kedua gelombang tersebut memiliki arah yang sama.lihatg ambar dibawah ini.
Interferensi Maksimum

Interferensi Minimum

Interferensi minimum adalah interferensi antar gelombang yang saling melemahkan satu dengan yang lain, karena kedua gelombang tersebut memiliki arah yang berlawanan. Lihat gambar dibawah ini

Interferensi Minimum

Kesimpulannya adala,h gelombang yang mempunyai arah gerak yang sama akan menguatkan gelombang yang satu dengan lainya, begitu pila sebaliknya, apabila gelombang mempunyai arah yanglawanan maka akan mengakibatkan gelombang melemah. Apabila amplitudo dan frekuensi sama maka gelombang akan mati. untuk lebih jelasnya lihatah video animasi berikut.

© Copyright FBrain 2013-2014