Tunas Tumbuh Membelok ke Arah Cahaya Dipengaruhi Oleh Hormon

Tunas dapat tumbuh membelok kearah cahaya karena dipengaruhi oleh hormon auksin. Aktifitas ini disebut dengan Fototropisme.

Auksin adalah suatu zat hormon pada tumbuhan yang terdapat pada jaringan maristem yang aktif, seperti ujung batang, ujung akar dan bunga yang baru saja tumbuh. Hormon Auksin ini sangat sensitif terhadap cahaya, apabila ada cahaya yang datang ke tumbuhan maka otomatis tumbuhan tersebut akan terus tumbuh mendekati cahaya.

Lihat contoh gambar berikut.

pada gambar tersebut terlihat bahwa bagian yang diberi zat hormon auksin(bintik-bintik merah) akan tumbuh lebih cepat menuju ke cahaya. Cara kerjanya adalah menginisiasi pemanjangan sel dan memacu protein tertentu yang ada di membran plasma pada sel tumbuhan untuk memompa ion H+ ke dinding sel. Ion H+ akan mengaktifkan enzim ter-tentu sehingga memutuskan beberapa ikatan silang hidrogen rantai molekul selulosa penyusun dinding sel. Sel tumbuhan akan memanjang akibat air yg masuk secara osmosis. sumber:

Kesimpulan
Tunas Tumbuh Membelok ke Arah Cahaya Dipengaruhi Oleh Hormon Auksin, hormon auksin akan membantu proses pertumbuhan melalui faktor cahaya karena sensitif terhadap cahaya.
© Copyright FBrain 2013-2014